Kelebihan Gong Traveling Adalah Traveling Sambil Nulis

Kelebihan Gong Travelling adalah tidak sekadar jalan-jalan, tapi sambil menulis. Gol A Gong langsung memberikan pelatihan selama traveling. Biasanya setelah sarapan, di tempat terbuka, atau bahkan sambil traveling, mengenalkan apa itu jurnalistik; mulai dari fakta dan fiksi .Juga tentang tulisan khas (feature). Tulisan saat traveling yang lazim disebut travel writing (catatan perjalanan). Setiap peserta secara pribadi didorong untuk memaksimalkan kepekaannya saat traveling sampai menemukan sesuatu (angle) yang menarik untuk dituliskan.Sepulang traveling, mereka menuliskan pengalamannya selama traveling di rumah. Tulisan peserta akan diterbitkan jadi buku oleh Gong Publishing.

Kelebihan lain dari Gong Traveling, para peserta diajak mengenal kehidupan warga setempat. Gol A Gong akan mengajak para peserta belajar membaca peta kota, naik-turun bus dan kereta, makan dengan cara mereka. Para peserta merasa tertantang untuk bisa memecahkan kebuntuan persoalan bahasa dan rasa minder. Kapan lagi bisa mengalami menjadi warga setempat di negeri orang?

Ini memang bukan sekadar traveling, tapi bagaimana kita mengenal cara hidup mereka dan menuliskannya. “Nanti para peserta harus mewawancarai warga setempat, agar terjadi interaksi. Saya sarankan banyak bertanya kepada warga setempat, Dengan cara begitu, kita akan dapat banyak hal tentang karakter mereka,” kata Gong, yang merencanakan jalur ke IndoChina, Taiwan dan Hongkong.

Tertarik, kontak Tias Tatanka di 081906311007. (*)

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *