Kampung Muslim di Siem Reap

Setiap melakukan perjalanan, aku tidak pernah khawatir soal makanan halal. Aku selalu yakin, di kota mana pun, pasti ada komunitas muslim dan tentu makanan halalnya. Begitu juga ketika di Siem Reap, Kamboja, 4 November 2017. Ini kota kecil yang  jadi primadona backpackers mancanegara setelah jadi lokasi syuting “Lara Croft : Tomb Raider” yang diperankan Angelina Jolie. Malam itu aku bertanya kepada orang-orang, apakah ada kampung muslim? Beberapa yang aku tanya, tidak tahu. Ketika di night market, aku bertanya kepada Ahmad , keturunan Pakistan, “Di mana aku bisa sholat?”

Tanpa kuduga, Amad yang bekerja di sebuah toko karpet, mengantarkanku ke kampung muslim, yang lokasinya di Soksan Street, kira-kira sekitar 500 meter dari Sivatha Road, jalan protokol dimanan Ahmad bekerja. Paling mengejutkan lagi, aku diantar hingga ke depan masjid.

“Tadi aku sudah free. Tadinya mau langsung pulang. Tapi, aku berdiri di depan toko. Tiba-tiba kamu datang. Ini adalah cara Allah bekerja. Rupanya aku harus mengantarkan kamu ke masjid. Masya Allah” katanya.

Begitulah setiap melakukan perjalanan, selalu ada kejutan-kejutan. Dan aku selalu ketagihan untuk melakukan perjalanan lagi setiap sudah sampai di rumah. (Gong)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.