Sembilan Pembelajaran Hidup Saat Traveling

Sudah 5 tahun Gong Traveling bergulir. Dengan motto “bukan sembarang traveling, tapi traveling sambil nulis buku” menarik minat pelajar, mahasiswa, orang tua, bahkan anak-anak.  Pada 11 – 13 Desember 2017 lalu, Gong Traveling menemani 126 siswa SMPIT Raudhatul Jannah, Cilegon. Ini juga pembelajaran bagi  tour guide yang merangkap sebagai relawan #RumahDunia, yaitu menambah wawasan mereka. Setiap edisi, dari keuntungan alakadarnya, Gong Traveling bisa membawa satu atau dua relawan menemani Gol A Gong. 

Program ini bukan berorientasi bisnis. Tapi banyak ibadahnya. Setiap peserta secara tidak langsung ikut terlibat mendukung gerakan literasi di Rumah Dunia. Termasuk mengongkosi para relawan #RumahDunia yang jadi tour guide. Para peserta juga bisa mengambil hikmah dari traveling ala backpacker ini, berupa pembelajaran 9 nilai hidup, yaitu :

1. Sosiologi ; banyak buku mengajarkan tentang kemasyarakatan, tapi bersama Gong Traveling, kita bertemu langsung dengan warga setempat di negara yang kita kunjungi.
2. Language ; setiap hari kita belajar bahasa asing, bersama Gong Traveling, peserta langsung berkomunikasi.
3. Ekonomi ; para peserta bisa mengamati bahkan terlibat langsung dari setiap transaksi, mulai dari membeli tiket bus/kereta, menukar uang, makan, dan shoping souvenir.
4. Seni ; mengagumi seni kontemporer atau tradisi di setiap sudut kota yang kita lalui. Lukisan mural, keindahan arsitektur gedung, bahkan fashion.
5. Filosofi ; ini persoalan cara pandang kita terhadap hidup. Cobalah sekali waktu keluar dari zona nyaman. Menikmati perjalananmu sendiri. Selalu ada cara pandang baru di setiap perjalanan.
6. Menejemen Waktu ; berlatih mengatur kedisiplinan dengan itinerary yang disusun. Mencoba menghargai waktu teman seperjalanan.
7. Kuliner ; salah satu cara mengenal dunia adalah dengan cara menikmati makanan mereka. Bangunlah di pagi hari, menikmati cara sarapan setempat yang khas. Atau makan malam di night bazaar.
8. Agama ; kadang kita merasa sudah lebih baik dari mereka. Contoh di Singapore, ternyata kehidupan beragama mereka cukup baik. Kebersihan sangat dijaga dan tidak boleh ada pengemis.
9. Cinta ; ini bukan semata cinta dalam pengertian orang dewasa. Tapi ini tentang nilai-nilai kemanusiaan. Kita jadi sangat tolerans terhadap sesama. Kita jadi memahami tentang arti syukur dan keberagaman.

Kesembilan nilai inilah, insya Allah, yang akan didapat jika traveling bersama Gong Traveling. Setiap peserta menuliskannya dan diterbitkan jadi buku oleh Gong Publishing. Jika tertarik ingin bergabung, WA ke Tias Tatanka di 081906311007.

Agenda terdekat  Gonaveling :

#JalurSutra
Jelajah Singapore, Malacca, Kuala Lumpur: 19 – 23 Januari 2018. Pendaftaran ditutup 5 Januari 2018. Biaya Rp 5 juta. Minimal 10 orang. Sudah 7 orang.

#XploreWat
Jelajah Bangkok (Arum Wat), Siem Reap (Angkor Wat ), Phnom Penh (Polpot Genosida) dan Kuala Lumpur . Minimal 10 orang. Sudah Siap berangkat 14 Maret – 19 Maret 2018. Biaya Rp. 6 juta. Pendaftaran ditutup 10 Desember 2017. Sudah 6 orang mendaftar.

***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.